Isi Bulan K3 Nasional, BP-Pro Unas Gandeng PT SNU Gelar Training K3 Berbasis Perilaku (Behavior Based Safety)

Jakarta (Unas) – Badan Pengembangan Profesi Universitas Nasional (BP-Pro Unas) kembali menggandeng PT Satya Naratama Upasama (PT SNU) dalam menggelar Online Training K3 Berbasis Perilaku atau Behavior Based Safety.

Program ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Februari 2022 pukul 12.30 – 16.00 WIB dengan Prof. Adjat Daradjat, M.Si sebagai pembicara tunggal.

Program ini masih masuk dalam cakupan program Safety Course Series yang digagas oleh BP-Pro Unas. Program ini juga dimaksudkan sebagai program unggulan dalam mengisi bulan K3 nasional yang berlangsung dari tanggal 12 Januari hingga 12 Februari.

Sebagaimana komitmen BP-Pro Unas dalam pengembangan sumber daya manusia, program ini kembali dibuka untuk umum. Training yang dilaksanakan secara online ini diikuti oleh mahasiswa dan sejumlah kalangan profesional dari berbagai instansi.

Adapun peserta dari kalangan profesional berasal dari PT. Yabisa Sukses Mandiri, PT.Java Global Indonesia, PT. Satuan Harapan Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, PT. Garuda Daya Pratama Sejahtera, PT.Praja Putra Wangsa, PT. Raja Jaya Mandiri, PT. Kuta Mitra Bersama, PT. Yudha Sakti Jaya, PT Pertamina dan dari instansi lainnya.

Prof. Adjat Daradjat, M.Si dalam pemaparannya mengatakan bahwa di Indonesia, budaya K3 (Safety) masih belum menjadi prioritas. Baik di lembaga swasta maupun pemerintah belum menjadikan K3 sebagai prioritas dalam setiap pekerjaan. Meskipun K3 bukan tujuan tetapi proses, tetapi K3 harus menjadi salah satu prioritas untuk meminimalisir kecelakaan kerja yang sering berakibat fatal.

Peserta yang memang mayoritas berlatar belakang praktisi itu menanggapi pernyataan Prof Adjat Dradjat, M.Si dengan positif, sebab memang di beberapa perusahaan, fasilitas yang mendukung keselamatan kerja masih belum memadai.

Training online yang berlangsung selama 3 jam ini secara keseluruhan berjalan dengan lancar. Hal ini ditandai dengan terbangunnya ruang diskusi dua arah dari pemateri dan peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 4 =