Jakarta (UNAS) – Dalam rangka peningkatan mutu pelayanan, Badan Pengembangan Profesi Universitas Nasional (BP-Pro Unas ) bekerjasama dengan Biro Sumber Daya Manusia Universitas Nasional (BASDM Unas) menyelenggarakan Pelatihan Pelayanan Prima (Service Excellence) berbasis kompetensi.
BP-Pro Unas menggandeng mitranya yaitu Lembaga Pelatihan Kerja Global Entrepreneur Development dalam memberikan pelatihan Pelayanan Prima (Service Excellence) berbasis kompetensi tersebut. Hal ini untuk memenuhi standar kompetensi sehingga para peserta yang terdiri dari tenaga kependidikan (tendik) lintas fakultas-badan/biro Universitas Nasional itu, siap dan layak mengikuti uji kompetensi yang diselenggarakan pada hari terakhir rangkaian kegiatan tersebut.
Sebanyak sepuluh peserta dari berbagai fakultas, badan dan biro mengikuti pelatihan ini berdasarkan surat tugas dari BSDM Unas dengan nomor surat 138/BSDM/VI/2025 tentang penugasan para tendik yang dimaksud untuk mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi BNSP Pelayanan Prima pada tanggal 12 – 14 Juni 2025.
Sebagaimana tanggal yang terterah pada surat tugas tersebut, kegiatan ini dilaksanakan dalam selama tiga hari dimana hari pertama dan kedua pada tanggal 12 – 13 Juni 2024 diselenggarakan Pelatihan dan Pra Asesmen. Dan pada hari terakhir tanggal 14 Juini 2025 dilaksanakan Uji Kompetensi yang berlangsung dari pukul 09.00 – 14.00 WIB. Kegiatan Pelatihannya dilakukan secara daring (online) melalui aplikasi zoom meeting sedangkan uji kompetensinya dilakukan on site di ruangan BP-Pro Unas Selasar Blok A Lantai 2 Kampus Unas Pejaten.
Pada sambutan pembukaan, Kepala BP-Pro Unas Prof. Adjat Daradjat, M.Si. memberikan dukungannya atas penyelenggaraan kegiatan semacam ini untuk peningkatan sumber daya manusia di lingkungan Universitas Nasional. “Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi semacam ini sangat dibutuhkan dan kami dari BP-Pro sangat mendukung dan akan terus menjalankan program serupa di berbagai bidang, bukan saja Pelayanan Prima untuk membantu Universitas Nasional dalam upaya peningkatan SDM di lingkungan Unas” ungkapnya.
Pelatihan ini terdiri dari enam unit kompetensi di antaranya :
- Menerapkan kerjasama dengan kolega/pelanggan.
- Memberikan layanan kepada pelanggan.
- Mengelola layanan pelanggan berkualitas.
- Menangani konflik.
- Memproses keluhan pelanggan.
- Memenuhi kebutuhan pelanggan.
Ke-enam unit kompetensi di atas dipaparkan materinya dalam agenda pelatihan oleh empat pemateri/instruktur dari Lembaga Pelatihan Kerja Global Entrepreneur Development, Dr. Mudjiarto, M.Si., Dr. Elistia, MM., Dr. Pudji Isyanto, MM., dan Sumarsid, S.E., M.E. dan ditutup dengan kegiatan Pra Asesmen dengan agenda persiapan administrasi oleh Merdiana, S.E. selaku perwakilan dari Lembaga Sertifikasi Manajemen Bisnis dan Kewirasuahaan Mandiri.